Monday, May 20, 2013

Mari Menikmati Hidup...!!!


Seorang pria yang sedang dihinggapi rasa bosan dalam hidupnya pergi menemui seorang bijak dan berkata, “saya ingin segera mati saja.”
Orang bijak itu memberi nasehat, “besok pagi saat kamu bangun, anggaplah itu hari terakhir bagimu dan juga sarapan terakhir bagimu.
Mintalah pada istrimu makanan yang paling kamu  suka.
Ajaklah istrimu bercakap- cakap karena itu adalah kesempatan terakhirmu untuk bersamanya. Pada saat berangkat kerja, pandanglah rumahmu, pandanglah juga sekitarnya. Ini adalah perjalanan ke kantor yang terakhir bagimu.”
Pria itu pulang ke rumah dan berjanji akan melaksanakan nasehat orang bijak.
Beberapa hari kemudian dia kembali menemui si orang bijak untuk menceritakan pengalamnnya. Kini ia selalu membayangkan bahwa setiap hari adalah hari terakhir baginya. Pernah suatu ketika dia lupa membawa kunci dan memencet bel rumahnya. Ketika pintu terbuka dia segera memeluk istrinya dan memberikan ciuman yang sangat mesra kepadanya. Dia berhaap besok dan hari- hari berikutnya dia masih diperkenankan hidup oleh Allah. Pria inipun kini selalu bersemangat dan bergembira dalam hidupnya.


***
Kita bisa menikmati hidup jika kita berkonsentrasi pada masa kini, bukan pada masa lalu atau pada masa depan. Masa lalu hanya akan  menghasilkan beban. Jika masa lalu itu menyedihkan, mengingatnya hanya akan memberikan penyesalan yang berkepanjangan. Begitupun jika masa lalu itu membahagiakan, kerinduan akan masa lalu juga akan menjadi beban, seolah- olah kita harus hidup dalam angan- angan.
Masa depan juga terkadang sering membuat kenikmatan hidup kita berkurang. Kita akan senantiasa dihantui ketegangan dan kecemasan tentang masa depan kita. Target- target yang kita buat sering kali membuat kita gelisah. Segala keinginan dan ambisi kita itulah akar dari kecemasan dan kesedihan. Masa depan sama halnya dengan masa lalu, masa depan berada diluar kontrol kita.
Oleh karena itu mari kita hidup pada hari ini dengan cara menumbuhkan kesadaran akan apapun yang sedang kita lakukan sekarang. Buka mata dan telinga anda, rasakan dan nikmatilah apa yang sedang anda lakukan saat ini.
Nikmatilah saat- saat bersatunya badan dan fikiran anda. Perasaan cemas dan stres yang sering melanda manusia itu disebabkan karena tidak bersatunya badan dan fikiran mereka. bayangkan anda sedang berada di Surabaya tetapi fikiran anda ada di Kalimantan, anda sedang berada dimasa kini tapi fikiran anda ada dimasa depan atau masa lalu.
Nah, begitu fikiran dan badan anda berada ditempat yang berbeda anda akan langsung menderita stres...!!!
Lepaskan semua tentang masa mendatang, lepaskan fikiran tentang masa lalu. Pokonya lepaskan semua fikiran, lalu perhatikan penuh pada saat sekakrang ini.

Yesterday is a history,,,
Tomorrow is a mystery,,,
Today is a gift,,,
That’s why we call it present.
“Kunci kebahagiaan adalah menikmati hidup pada hari ini.
Serta melepaskan kerinduan akan masa lalu
Dan kecemasan akan masa datang.”

You Are Leader !!!
#Arvan Pradiansyah

No comments:

Post a Comment