Saturday, May 4, 2013

Tips Menghadapi OrangTua Kita




1. Jangan mencap mereka ketinggalan zaman
 Mereka hanya  perlu tau informasi dari kamu tentang perkembangan music, film, atau buku.
2. Orrang tua protektif…??? 
Sebenaranya mereka hanya cemas dan tidakmau jika kamu menghadapi hal- hal buruk

3. Selalu mengatur pilihan/ keinginan kita…???
Mereka Cuma khawatir akan masa depan kamu, mereka tidak rela kalau anaknya salah pilih gara- gara tidak memahami pilihannya.
4. Orang tua sok tau…???
Harus di akui mereka lebih banyak tau daripada kita. Mereka sudah hidup lebih lama. Kalau kurang setuju sampaikan dengan cara baik.
5. Orang tua juga manusia
Wajar jika orang tua kita salah, maafkanlah mereka.
6. Ungkapkan perasaan kepada orang tua kita
Terkadang orang tua kita tidak tau isi hati kita apakah senang / sedih. So, unkapkanlah.
7. Sediakan waktu khusus untuk orang tua.
8. Tunjukan kepada mereka bahwa kita sudah bisa menerima tanggung jawab.

     Kita harus menunjukan kepada orang tua kita disisi mana kita bisa lebih baik dari apa yang di lakukan oleh orang tua kita. Misalkan, di sisi pelajaran. Orang tua menentut kita untuk belajar terus agar kita mendapatkan nilai yang bagus. Bilang sama orang tua kita, “saya gak harus terus menerus untuk mendapatkan nilai yang bagus, saya akan tunjukan sama bapak dan ibu, nilai saya akan tetap bagus tanpa belajar terus menerus.” Dengan catatan kita memang bisa melakukannya dengan baik atau lebih baik dari apa yang di harapkan oleh orang tua kita. Ini juga bisa memotifasi kita agar bisa selalu lebih baik.
     Intinya dalam hal apapun orang tua mengatur kita, kita harus bisa bicara baik- baik. Contohnya dengan mengatakan, “saya akan menunjukan kepada bapak dan ibu kalau apa yang saya lakukan ini adalah hal yang baik, jika tidak saya akan menuruti semua apa yang bapak sama ibu inginkan”. Lama kelamaan orang tua akan percaya sama kita, sehingga nantinya tidak akan mengatur- ngatur kita lagi.
     Karena yang mengetahui apa yang terbaik bagi dirimu adalah diri kita sendiri, karena kamu yang akan menjalani hidup ini, bukan orang lain, tapi harus di ingat untuk tidak menyakiti perasaan orang tua. Bicara dengan sopan dan santun.




No comments:

Post a Comment